FILM SEDERHANA SARAT MAKNA: Mari Peduli Bangsa!

Posted: February 14, 2012 in Cinema, Industri Kreatif

Inilah karya anak bangsa yang sederhana namun sarat makna. Dua buah film indie akan segera diproduksi di Yogyakarta. Mereka yang muda dan kreatif itu adalah dari Look Out Pictures Indonesia (Production House) dan Komunitas Seni Sego Gurih Yogyakarta.

Film #1

Sedulur Mulur Tangga Eco Sanak Enak

Sebuah Adaptasi dari Naskah : Malam Jahanam Karya : Motingge Busye

Film ini berbahasa Jawa Pinggiran

 
“Masyarakat pinggir kali Code di Jogjakarta, dengan kehidupan yang hidup  berhimpit-himpitan baik rumah maupun keberuntungannya. Sebagian hidup sebagai penambang pasir, penganggur, preman, dan banyak waria yang bekerja sebagai psk.Kusnan seorang pedagang Burung, pernikahannya dengan Paijah selama beberapa tahun belum  diberi keturunan, sehingga kegemarannya akan burung semakin meraja lela.Suatu ketika Paijah memiliki anak, namun Kusnan tidak yakin jika itu anaknya, kecurigaannya itu membuat hatinya semakin gelisah, meskipun ia berusaha untuk menerimanya.
 
Jamingun mungkin satu-satunya orang jujur di kampung itu, sayangnya karena kejujurannya itu ia menjadi setengah gila. Namun sesungguhnya Jamingun-lah yang tahu banyak rahasia di kampung itu.Suatu saat burung Menco Kusnan hilang dan diketahui burung itu mati. Rahasia mulai terkuak ternyata yang membunuh burung Menco itu Sulaiman. Di akhir cerita diketahui anak Paijah itu ternyata hasil hubungan gelap Sulaiman dengan Paijah.
 
 

Film #2

(nasib / takdir dari kata qadara yang artinya sebab akibat atau hukum dari Tuhan terhadap sikap manusia. )
 
“Tiga orang yang di coba oleh Tuhan dalam hidupnya tentu akan punya sikap yang berbeda-beda dalam menghadapi cobaan atau ujian itu.Mbak yanti, di ceraikan suaminya dan terpaksa harus hidup menjanda  dan terus berusaha untuk mendapatkan hak asuh buah hatinya yang selama ini selalu dekat dengan Yanti. Sementara Pak Slamet si tukang cukur yang punya niat baik membelikan sepeda anaknya selalu kesulitan oleh masalah ekonomi dan selalu menghadapi teror pedas dari istrinya. Ironisnya ia justru kehilangan sepeda miliknya satu-satunya.
 
Sedangkan Pak Suryo yang istrinya sudah dua kali keguguran dan sekarang  sedang mengandung untuk ketigakalinya membuat Suryo mencari solusi dengan terus melakukan kebiasannya Mencuri. Sementara Istri pak Suryo tidak menghendaki ituSikap apa yang di tanam dalam menghadapi ujian itu akan di panen pada akhirnya. Manusia bukan tergantung pada masalahnya tetapi bagaimana menyikapi masalah itu. dan Tuhan menghendaki sikap jiwa yang lebil mendekatkan diri pada Tuhan sehingga hati menjadi bening dan bisa menagkap solusi – solusi dan Hikmahnya. Apakah mereka melakukan yang di kehendaki Tuhan.”
 

LookOut Pictures Indonesia sebuah komunitas film yang sederhana, manajemen dan sistem yang sederhana dengan cita-cita yang sederhana juga, yaitu menjadikan karya-karya filmnya bisa di apresiasi lebih banyak orang, syukur-syukur bisa menginspirasi orang untuk menjadi lebih baik.

Anggota kami adalah aktivist seni dan film maker Jogjakarta, yang mensikapi hidup dan proses keseniannya dengan penuh rasa syukur dan bahagia. Suasana hati yang selalu gembira kami yakini mempunyai kekuatan kreatif yang mampu melahirkan karya-karya yang bermakna.
meskipun yang bisa kami lakukan hanya menghadirkan kehidupan rakyat kecil di dalam film. Harapan kami itu bisa menyentuh hati orang untuk ikut berpihak pada rakyat kecil minimalnya berempati dan bersikap peka.

Kami luruh menyatu dengan kehidupan rakyat Indonesia yang masih kesusahan, kami anti ekslusifitas. Karena memang kami tidak Eksklusif. Kami merakyat karena kami memang rakyat biasa. Kami tidak berbeda dari petani, tukang becak, karyawan atau apapun. film bagi kami tidak membauat strata sosial kami lebih, kami suka dianggap biasa. KAMI SUKA SEDERHANA.

Kami memilih berpihak pada yang lemah, dengan membela kehidupan mereka meskipun yang bisa kami lakukan hanya menghadirkan kehidupan rakyat kecil di dalam film. Harapan kami itu bisa menyentuh hati orang untuk ikut berpihak pada rakyat kecil minimalnya berempati dan bersikap peka.

Silahkan transfer ke :
Rekening BCA
4451.060.745
A.N Riyanto

Setiap Donasi
Akan Kami  Berikan 1 Keping Dvd Film “DEBT”
produksi LookOut Pictures Indonesia tahun 2010

SEKILAS TENTANG FILM “DEBT”

Berkisah tentang seorang debt colector yang juga dikejar-kejar hutang. Kondisi itu juga yang membuat Sugeng (nama tokoh tersebut) bisa merasakan kesulitan orang-orang yang ia tagih.Hal tersebut membuat suatu ketika hati sugeng berontak, hingga ia rela menggadaikan cincin kawinnya untuk menolong orang-orang yang yang tak mampu membayar tagihan.

Film ini berkisah tentang berbagi, tentang bagaimana kita memudahkan orang lain maka Tuhan akan memudahkan urusan kita. Berbagi tidak harus menunggu tapi saat ini juga dengan apa yang kita mampu.

PENGHARGAAN FILM “DEBT”

Pemenang Film dg Ide Cerita Terbaik, MAVIE Fest 2010

Best Film Screening Film Indie Dreamlight Jogjakarta, 2010

Pemenang Pertama Film Independen, TVRI, 2010

Official Selection Balinale, 2010

Official Selection IFFAustralia 2010

Best Screenplay IFFAustralia 2010

Film Panorama Bandung 1st Asia Afrika International Film Festival 2010

_________________________________________________________________

Untuk mendapatkan DVD film DEBT ini silahkan
lakukan Donasi minimal Rp.100.000,- untuk produksi 2 film kami selanjutnya
tambahkan 3 digit terakhir No HP yang akan Anda gunakan untuk konfirmasi

CONTOH :
Donasi Anda Rp.100.000,- no Hp Anda 0877.3871.3988
maka silahkan transfer Rp.100.988, jika mungkin beriketerangan “DonasiFilm”

Setelah anda Transfer lakukan konfirmasi ke contac berikut :
0877.3871.3988 / 081.568.05.286
FORMAT : DONASIFILM (SPASI) JML DONASI (SPASI) ALAMAT
Lengkapi Alamat Anda agar pengiriman DVD tidak mengalami kendala

Terima kasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s