Perancis Akan Undang Perajin Bantul Ikuti Pameran

Posted: April 16, 2009 in Craft, Design, Ekonomi, Industri, Industri Kreatif, Kebijakan, Kerjasama, Pameran, Pariwisata, UMKM

Reff: http://oase.kompas.com/read/xml/2009/04/16/2120181/Perancis.Akan.Undang.Perajin.Bantul.Ikuti.Pameran

KOMPAS.com – Pemerintah Perancis ingin mengembangkan kerja sama dan kolaborasi di bidang seni, budaya, dan perdagangan, dengan Yogyakarta. Agenda terdekat, tahun 2010 mendatang, Perancis akan mengundang para perajin dari Bantul menjadi peserta pameran kerajinan Perancis.

Duta Besar Perancis Philippe Zeller beserta istri, Kamis (16/4) mendatangi Kompleks Kepatihan dan Pemerintah Kabupaten Bantul. Di Kepatihan, Zeller ditemui Gubernur DIY yang jug a Raja Keraton Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X. Sedangkan di Bantul, Zeller ditemui Bupati Idham Samawi. Ini kunjungan pertama Zeller ke Yogyakarta sejak menjabat sebagai duta besar, Juli 2008 lalu. Sebelumnya, Zeller adalah Kepala pemerintah Da erah Ariege di Perancis.

Dalam dialog tertutup bersama Idham, Zeller menyatakan bahwa Pemerintah Perancis mengundang Bantul menjadi salah satu peserta pameran kerajinan di Paris, tahun 2010 mendatang. Perancis mengamati bahwa Bantul dan segenap potensi ke rajinannya, cukup mampu bangkit usai gempa melanda Mei 2006 lalu.

Perancis memberi apresiasi pada Bantul. Di mata dunia internasional, Bantul dianggap bisa menangani bencana gempa dan bangkit, kata Zeller yang juga menyebut pihaknya berencana memberi be asiswa pendidikan bagi pelajar asal Bantul untuk bersekolah di Perancis.

Idham menyambut baik undangan Perancis, yang dianggapnya bisa lebih membuka mata dunia tentang potensi kerajinan Bantul dan Yogyakarta. Menurut Idham, Perancis adalah juga pasar ekspor kerajinan dan produk asal Bantul, seperti mebel dan kerajinan bambu. Alas tempat duduk di pesawat-pesawat di Perancis, ternyata juga buatan perajin Bantul, kata Idham.

Ketika berdialog dengan Sultan, Zeller mengatakan bahwa Perancis ingin menjalin kerja sama lebih jauh dengan mengembangkan dialog antarbudaya, juga agama. Ini akan ditindaklanjuti dengan kunjungan kaum intelektual Perancis ke Indonesia.

Dalam bidang ekonomi dan perdagangan, Perancis berharap pihak swasta di Perancis dan Indonesia juga bisa bekerj a sama. Menurut rencana, dalam waktu dekat, organisasi kamar dagang di Perancis akan mengundang 200-an perusahaan asal Indonesia untuk mengenalkan potensi perdagangan di Indonesia.

Zeller menjelaskan, hubungan bilateal Perancis-Indonesia amat positif, yakni kemajuan bidang ekonomi yang mencapai enam persen per tahun. Indonesia juga mendapat perhatian dunia karena mengirimkan pasukan perdamaian ke Libanon, serta berperan dalam peretmuan G-20.

Sultan menyampaikan terima kasih atas bantuan Perancis saat gempa lalu. Perancis merehabilitasi dan memberi bantuan perbaikan rumah penduduk dan sejumlah fasilitas umum. Lembaga Indonesia Perancis (LIP) yang ada di Yogyakarta, juga diinginkan Sultan terus mengembangkan kegiatan budaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s