KPPU: Perlu Produk Substitusi Pengganti Elpiji dan Pupuk

Posted: January 22, 2009 in Agribisnis, Pertanian, UMKM
Reff : kompas
Kamis, 22 Januari 2009 | 21:08 WIB

JAKARTA, KAMIS – Pemerintah diharapkan segera memikirkan langkah produk substitusi terhadap elpiji dan pupuk yang beredar saat ini. Tujuannya, untuk memberi alternatif pada kelangkaan dua komoditi tersebut yang terjadi saat ini.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Benny Pasaribu saat ditemui di kantor KPPU Jakarta, Kamis (22/1). Substitusi tersebut mampu memberi jaminan bagi masyarakat akan keberadaan komoditi tersebut. “Untuk pupuk bisa dipikirkan dengan menggunakan pupuk organik dan elpiji bisa dibuat alternatif menggunakan bahan bakar batu bara,” kata Benny.

Pemupukan

Pemupukan

Benny mengungkapkan, alternatif ini juga akan memberikan persaingan saecara terbuka pada perusahaan pelaku swasta. Adanya alternatif, akan menghilangkan kekhawatiran soal kelangkaan produk serta memberikan pilihan lebih dari satu.

Pengguanaan batu bara misalnya, kategori yang digunakan seabagai pengganti adalah jenis C1 dan C2. Jenis ini semacam briket yang mulai beredar di masyarakat saat ini. Lagipula, untuk mendapatkan bahan ini sangatlah mudah karena tersedia cukup banyak di dalam negeri.

“Sayangnya penanganannya masih belum sistematis dan masih belum terlihat tanda-tanda akan menjadi substitutif atau alternatif,” tambahnya.

Sementara itu untuk pupuk, bisa dioptimalkan mengenai pemanfaatan pupuk organik. Hal ini selain lebih murah tentu proses produksinya lebih mudah. Pemerintah harus menekan industri pupuk yang sudah ada untuk mengembangkan pupuk jenis ini.

“Pastinya sumber supply-nya secara penuh harus terpenuhi di dalam negeri. Hal ini untuk mengurangi ketergantungan impor,” ujar Benny.

Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s