Catatan Akhir Tahun 2008:

Posted: December 23, 2008 in Aksi, Artikel, Industri, Kebijakan, Pariwisata, UMKM

ENTREPRENEURSHIP: KREATIFITAS

MENJADI KUNCI

Kita semua tahu, bahwa akhir tahun 2008 ditandai dengan munculnya krisis ekonomi global, yang jika kita urai, menjadi persoalan-persoalan yang demikian kompleks bagi perekonomian dunia. Namun sebagai entrepreneur sejati, tak selayaknya kita menjadi lemah dan ‘nglokro’.

Tahun 2008 bagi Yogyakarta masih meninggalkan persoalan-persoalan krusial di dunia usaha, khususnya UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menengah). Di antaranya adalah masalah permodalan, lebih khusus lagi adalah masalah kredit UMKM yang menjadi beban dunia UMKM pasca terjadinya gempa bumi 2006. Demikian pula masalah-masalah klasik masih terus ‘menghantui’ di dunia ekonomi kita. Permodalan, Pemasaran, SDM, infrastruktur, manajemen, UMP dan banyak hal tentang dunia usaha. Itu yang menjadi tantangan bagi kita untuk secara bersama-sama menjawabnya.

1402024415_dcc1e7b0c7

Komite Percepatan Pemulihan Ekonomi Yogyakarta “Yo Bangkit” (KP2E Yo Bangkit) sebagai institusi multistakeholder dari dunia usaha, mencoba memberikan sedikit gambaran referensi, tentang upaya pemulihan ekonomi, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta pasca bencana.

Apa yang dirasakan terhadap aksi pemulihan ekonomi Yogyakarta masih terasa lambat, dan yang disayangkan adalah belum ada konsep yang jelas untuk recovery ekonomi. Mestinya ada konsep yang jelas yang mencakup ide-ide dari multistakeholder. Bahkan lebih ideal lagi jika sudah diwujudkan ke dalam sebuah undang-undang pemulihan ekonomi pasca gempa. Sehingga recovery ekonomi bisa dilaksanakan secara lebih seksama.

Tak bisa dipungkiri bahwa UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menengah), baik skala lokal (99%) atau nasional masih mendominasi dari sisi kuantitas. Oleh karena itulah KP2E Yo Bangkit menempatkan porsi konsentrasinya pada dunia UMKM. Secara logis ketika porsi terbesar adalah UMKM, apapun yang terjadi dalam dunia UMKM akan sangat berpengaruh secara signifikan. 389076372_0d02fb3d31

Sampai saat ini, setelah dua tahun lebih pasca bencana, masalah kredit bermasalah UMKM masih menjadi ‘ganjalan’ terhadap perkembangan usaha. Tim Ad Hoc Penyelesaian Kredit UMKM pasca gempa bumi di DIY yang dibidani kelahirannya oleh KP2E Yo Bangkit masih terus melakukan beberapa hal krusial yang dibutuhkan oleh UMKM. Secara substansial, tim yang didukung oleh SK Gubernur DIY ini telah melakukan : Edukasi, Mediasi dan Advokasi terhadap UMKM. Dalam pelaksanaanya Tim Ad Hoc telah melakukan pendampingan dan membuka posko pengaduan yang dilakukan day to day.

Di penghujung tahun 2008 ini Tim Ad Hoc dalam hal penanganan kredit UMKM telah menampakkan hasil yang cukup melegakan di kalangan UMKM, walaupun belum semua tercover oleh bantuan pemerintah DIY, namun sebagian kredit UMKM telah terselesaikan (892 Nasabah UMKM). Tentu ini belum selesai sampai di sini. Tim Ad Hoc bersama KP2E Yo Bangkit masih terus melakukan upaya-upaya penyelesaian kredit UMKM untuk sebanyak mungkin bisa melakukan pemulihan ekonomi DIY pasca gempa. Baik diupayakan ke pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Skema bantuan Penyelesaian Kredit yang diusulkan oleh Tim Ad Hoc kepada Pemerintah adalah menyelesaikan (melunasi) pokok dengan share penyelesaian dengan pihak perbankan/kreditur dengan menghapus bunga dan dendanya.

Satu hal ini (kredit UMKM) khususnya di DIY harus mendapatkan porsi perhatian dari pihak-pihak terkait secara baik. Karena bagaimanapun permasalahan ini sangat fundamental dan krusial dalam ranah usaha UMKM. Maka diharapkan semua pihak yang menjadi stakeholder dunia ekonomi untuk segera merapatkan barisan dan secara bersama-sama untuk melakukan pemulihan ekonomi DIY secara baik.

Dalam konteks Yogyakarta, tiga pilar yang harus mendapatkan perhatian yang serius adalah: Pendidikan, Pariwisata dan Perdagangan. Maka harus ada penguatan-penguatan dalam bidang-bidang tersebut.

***

Dalam dunia pertanian beberapa hal yang masih menjadi kendala pertumbuhan pertanian adalah: adalah faktor Alam, pasar, birokrasi, hama, kelembagaan, kader pejuang petani (SDM). Maka beberapa hal yang mestinya dilakukan adalah :

1. Penguatan terhadap Ideologi perjuangan petani

2. Adanya Garis-garis besar haluan perjuangan petani

3. Sumber dana yang cukup dan berkelanjutan

4. Rekrutmen kader (pembekalan visi) – agar gerakan menjadi efektif.

5. Networking

(Sukabiwata | Dewan Peduli Petani Indonesia)

Secara umum di tahun 2008 masih menyisakan persoalan-persoalan klasik di dunia usaha. Maka di tahun 2009 sudah menjadi keniscayaan bagi kita di dunia entrepreneur untuk selalu menggali potensi kreatifitas di bidang masing-masing. Di samping itu harus menjadikan tahun depan sebagai tantangan yang harus bisa ditaklukkan oleh strategi-strategi kita.

Dunia perdagangan baik lokal maupun internasional (ekspor) perlu kiranya membuat strategi yang lebih komprehensif dalam duni usaha. Diversifikasi pasar, penguatan SDM, dan networking perlu mendapatkan porsi yang baik dalam ranah strategi usaha secara umum.

Peran pemerintah, baik daerah maupun pusat harus lebih konkrit. Jangan hanya dalam dataran wacana saja. Maka harus dilakukan penegasan terhadap orientasi pemerintah, mendukung pertumbuhan ekonomi atau hanya berputar-putar dalam wacana saja? Ini yang perlu ditegaskan. Maka segala tindakan dari lembaga pemerintah maupun non pemerintah yang menghambat lajunya recovery ekonomi di Yogyakarta bisa kita katagorikan sebagai melukai hati rakyat.

***

Dalam kondisi dan situasi saat ini, baik secara nasional maupun global, perlu diterapkan sikap yang lebih hati-hati dalam melakukan peran masing-masing, baik sebagai pengusaha, pemerintah, dan kita semua sebagai warga negara, harus lebih tenang dan tidak panik menghadapi gejolak ekonomi. Karena dengan pola kerja ini, kita akan lebih bisa melakukan peran kita secara baik. Di samping itu, ide-ide kreatif lebih bisa dimunculkan untuk menyikapi keadaan yang ada. Sementara itu dulu yaa…. besok lagi…Capeee Deeeh! ***

NOURELL |

Comments
  1. hyip says:

    Appreciate it for sharing Catatan Akhir Tahun 2008: Yo Bangkit! with us keep update bro love your article about Catatan Akhir Tahun 2008: Yo Bangkit! .

  2. Hey There. I found your blog using msn. This is a very well written article. I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful information. Thanks for the post. I will definitely return.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s