HADIAH AKHIR TAHUN BUAT UMKM

Posted: November 11, 2008 in Aksi, Industri, Kebijakan, Kegiatan, UMKM

Di penghujung tahun 2008 ini ada yang perlu kita catat sebagai sejarah. Bahwa percepatan pemulihan ekonomi Yogyakarta pasca gempa mendapatkan semacam ‘katalis.’ Di mana salah satu instrument untuk mempercepat pemulihan ekonomi akan segera diwujudkan. save-me

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Tim Ad Hoc Penyelesaian Kredit UMKM Pasca Gempa di DIY telah memprogramkan adanya bantuan terhadap kredit UMKM yang bermasalah pasca gempa di DIY. Bantuan itu akan ditargetkan kepada:

1. Kredit UMKM Mikro, dengan nilai nominal Rp. 5 juta ke bawah. Sebanyak 810 nasabah akan dibantu dengan write off. Dengan upaya ini diharapkan beban saudara-saudara kita UMKM akan berkurang. Apalagi menghadapi gejolak ekonomi nasional dan dunia yang tak segera stabil. Sedangkan total nilai dari kredit tersebut adalah: Rp. 1,253 M yang akan di-write off. Skema yang akan diterapkan adalah menghapusbukukan nilai outstanding pokok dari kredit. Sedangkan bunga dan denda akan mendapatkan kebijakan penghapusan dari pihak perbankan.

2. Kredit UMKM yang mengadu ke Posko Tim Ad Hoc, dengan nominal Rp. 5 juta s/d Rp. 50 juta. Untuk skema kredit ini ada 188 nasabah yang sedang diverifikasi. Sedangkan treatmentnya menunggu hasil verifikasinya dari tim Ad Hoc dan dari perbankan.

Upaya Tim Ad Hoc bersama Pemerintah DIY tidak hanya sampai di sini. Dengan kerangka untuk menyelesaikan persoalan ekonomi, khususnya UMKM pasca gempa, dan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca gempa, Tim Ad Hoc akan mengupayakan penyelesaian kepada pemerintah pusat, untuk kasus-kasus kredit bermasalah yang belum bisa diselesaikan. Maka berdoalah… Semoga bermanfaat. | Nurul | Tim Ad Hoc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s