BRI BANTUL SALURKAN RP 18,2 MILIAR ; Bantu UMKM, Dikucurkan Dana Rp 14,5 Triliun

Posted: June 2, 2008 in Industri, Kebijakan, Kegiatan, UMKM
 
02/06/2008 21:20:17 BANTUL (KR) – Untuk mempermudah akses kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ke bank, pemerintah pusat telah menggelontorkan dana Rp 14,5 triliun. Bila mereka ingin meminjam ke bank, maka yang akan menjamin pemerintah.
Diharapkan program ini membuat kondisi pelaku usaha semakin membaik. Agar penyaluran lancar, maka enam bank telah ditunjuk meliputi BRI, Bank Mandiri, Bank Bukopin, Bank Syariah, BNI dan BTN serta bekerja sama dengan PT Asuransi Kredit Indonesia.
Demikian dikatakan anggota DPD RI Drs H Hafidz Asrom dalam acara Forum Sosialisasi dan Penyerapan Aspirasi DPD RI dengan pelaku UMKM di lantai tiga gedung Parasamya, Bantul, Senin (2/6). Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Bantul Drs HM Idham Samawi, Kepala Disperindagkop Drs Yahya, Kepala Cabang BRI Bantul Sumarman SE serta sekitar 250 pelaku usaha.
“Apapun jenis usahanya bisa meminjam dan yang memberikan jaminan pemerintah pusat melalui dana kucuran tersebut. Di Kabupaten Bantul, UMKM bisa mengajukan kredit ke Bank BRI di Bantul. Pelaksanaan dari program ini akan dilakukan pengawasan dan akan ditindak tegas bagi yang melanggar. Sebab program ini merupakan salah satu upaya pemerintah pusat dalam memperbaiki ekonomi masyarakat,” jelasnya.
Kepala Cabang BRI Bantul Sumarman SE mengungkapkan, dalam beberapa bulan ke belakang, BRI sudah menyalurkan kredit ke 4.367 usaha yang nilainya mencapai Rp 18,2 miliar. Program pemerintah pusat untuk mempermudah akses pelaku usaha ini akan dilaksanakan bersama sesuai dengan ketentuan.
Dalam pinjaman kepada Kredit Usaha Rakyat Mikro plafon maksimal Rp 5 juta yang diberikan bagi usaha mikro perorangan. Calon debitur yaitu individu yang melakukan program produksi dalam jangka maksimal 36 bulan.
“Untuk suku bunga yang dikenakan sebesar 1,125 persen. Tak dikenakan denda maupun biaya administrasi. Dalam persyaratan harus dipenuhi data usaha dan dokumen yang diperlukan untuk analisa kebutuhan kredit. Minimal usaha yang dilakukan sudah berjalan selama enam bulan,” ujarnya.  (*-3)-z
Comments
  1. siswo wardoyo says:

    BRI BANTUL SALURKAN RP 18,2 MILIAR ; Bantu UMKM, Dikucurkan Dana Rp 14,5 Triliun

    OPO IYO TENAN TO MAS?
    TIWAS AKU WES KADUNG ANTIBANK JE…
    PIYE KI?

  2. yobangkit says:

    Gini Mas, media situs ini hanya menampilkan berita, tulisan, artikel, atau apa saja yang bisa untuk referensi temen2 UMKM. Tenan po ra, maka yang perlu dikaji adalah sejauh mana lembaga bank tersebut komit dan konsisten terhadap ucapannya. Termasuk program KUR (Kredit Usaha Rakyat) dari Pemerintah.

    Thanks atas masukannya…
    Nurul / Admin

  3. Nourrell says:

    Mohon maaf, ini lembaga KP2E Yo Bangkit (Komite Percepatan Pemulihan Ekonomi Yogyakarta). Bukan Bank BRI Bantul. Trima kasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s