Catatan Kegiatan KP2E Yo Bangkit

Posted: April 28, 2008 in Aksi, Industri, JETRO, Kegiatan, Kerjasama, Pameran, UMKM

Produk yang terseleksi di Pameran Interior Lifestyle Tokyo Work Shop for Japanese Interior Market

23 Februari 2007

JEC, Yogyakarta

 

JETRO (Japan External Trade Organization) merupakan lembaga dari pemerintah Jepang yang mempunyai program pengembangan perdagangan luar negeri. Program yang telah dikerjakan beberapa waktu yang lalu, dan bekerjasama dengan KP2E Yo Bangkit adalah One Village One Product (OVOP).

Program ini (OVOP) yang dilaksanakan di Yogyakarta merupakan hasil dari pertemuan President JETRO Osamu Watanabe dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla tanggal 24 Mei 2006 di Tokyo. Pada saat itu Mr. Watanabe menyampaikan kesiapan JETRO untuk melaksanakan program OVOP bagi Indonesia.

Sehubungan dengan terjadinya gempa bumi di Yogyakarta dan Jateng tanggal 27 Mei 2006, maka JETRO menetapkan Pilot Project OVOP 2006/2007 dilaksanakan di Yogyakarta sebagai bagian dari program rekonstruksi dan revitalisasi industri kerajinan DIY.

Sebagai landasan formal pelaksanaannya KADIN Indonesia ketika mendampingi kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Jepang bulan Nopember 2006 telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan JETRO dalam tajuk program “INITIATIVE FOR THE NEW ERA OF JETRO – KADIN COOPERATION”.

Untuk merealisasikan program ini di Jogja, maka didukung oleh Disperindagkop DIY, Dekranasda DIY dan Komite Percepatan Pemulihan Ekonomi Yo Bangkit.

Program OVOP di Yogyakarta diupayakan meneruskan kesuksesan pada program JETRO di Thailand, yaitu OTOP (One Tambon One Product). Pada dasarnya Program OVOP di Yogyakarta merupakan pengembangan pada produk kerajinan yang berorientasi pada pasar Jepang. Program ini merupakan serangkaian dari beberapa tahapan.

Tahapan tersebut adalah: Pendampingan terhadap para perajin DIY yang telah diseleksi oleh JETRO, Workshop untuk para perajin dan designer, Pameran Interior Lifestyle Juni 2007, dan pemasaran produk perajin di 5 bandara International Jepang.

Pada kesempatan kali ini merupakan tahapan pendampingan dan workshop untuk para perajin yang telah terseleksi dalam program OVOP. Workshop ini bertujuan untuk technical guidance sekaligus koordinasi peserta program OVOP DIY. Peserta program ini telah diikutsertakan pada pameran Interior Lifestyle 2007 di Tokyo Jepang, pada tanggal 6-8 Juni 2007. Pembiayaan stand/booth pada pameran ini akan ditanggung oleh JETRO. Sedangkan biaya akomodasi dan transportasi mendapatkan dukungan dari pemerintah maupun lembaga lain yang terkait di samping partisipasi dari para peserta itu sendiri.

Pada workshop ini di sampaikan beberapa hal yang terkait dengan program tersebut, yaitu: Program One Village One Product, disampaikan oleh Mr. Koji Ida, JETRO Jakarta. Latest Trend of Japanese Interior Market, oleh Mr. Junya Kitagawara (Expert dari JETRO). Financial Supported dari Pemerintah DIY, yang disampaikan oleh Zainal Arifin (DISPERINDAGKOP DIY). Pada workshop kali ini juga dipresentasikan tentang strategi negosiasi dengan buyer Jepang, yang disampaikan oleh Budi Virgono dari DEKRANASDA DIY.

Diharapkan pada workshop ini, seluruh peserta program OVOP bisa menerapkan ilmu yang didapat dari beberapa expert tersebut. Di samping itu dari diskusi antara expert Jetro, Pemda DIY, Asosiasi-asosiasi usaha dengan beberapa designer dari Institut Seni Indonesia (ISI Yogyakarta) diharapkan terwujud kerjasama yang sinergis.*** (Nurul)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s