Rekonstruksi Pasca-Gempa Usai, Muncul Ribuan Penganggur

Posted: February 22, 2008 in Uncategorized
Selasa, 5 Februari 2008 | 07:55 WIB

YOGYAKARTA, SELASA – Program rekonstruksi dan rehabilitasi pascagempa 27 Mei 2006 untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng) sudah dinyatakan selesai. Namun, kekhawatiran lain muncul, selesainya program itu berdampak menimbulkan ancaman peningkatan jumlah pengangguran.

“Saat ini rekonstruksi dan rehabilitasi pascagempa telah selesai, tetapi yang menjadi kekhawatiran adalah peningkatan jumlah pengangguran karena program itu mampu menyerap lebih dari 200 ribu tenaga kerja,” kata Sekretaris Tim Teknis Nasional (TTN) Rekonstruksi dan Rehabilitasi Gempa DIY dan Jateng, Danang Parikesit, Selasa.

Menurut dia, ancaman pengangguran itu juga muncul akibat belum pulihnya sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menjadi ujung tombak penampungan tenaga kerja.

Ia mengatakan, pada awalnya progran rekontruksi yang menghabiskan dana Rp 5,4 triliun tersebut diharapkan mampu membawa dampak bergeraknya sektor riil.
 
“Namun kenyataannya sampai saat ini sektor riil belum pulih sepenuhnya, harapan bahwa sektor UKM akan bangkit seiring dengan proses rekonstruksi ternyata tidak terwujud,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, secara konkret belum diketahui secara pasti data UKM di DIY dan Jawa Tengah yang terpuruk akibat bencana gempa bumi tersebut.

“Tidak hanya belum bangkit bahkan banyak UKM yang kondisinya semakin memprihatinkan dan gulung tikar,” katanya.

Ia menambahkan, daya serap tenaga kerja sebagian besar UKM di Yogjakarta belum pulih. “Banyak UKM yang sebelum gempa mempekerjakan puluhan orang, tetapi sekarang jumlah tenaga kerjanya hanya belasan karena mereka belum mampu berpodruksi secara normal seperti sebelum bencana,” katanya. (ANT)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s