Pameran-Bazar Produk UKM Korban Gempa

Posted: February 22, 2008 in Pameran, UMKM

logo_br_kr.gif

21/02/2008 09:43:34 YOGYA (KR) – Hampir dua tahun musibah gempa bumi 27 Mei 2006 berlalu namun masih menyisakan banyak pekerjaan rumah terutama yang menyangkut sektor ekonomi produktif. Untuk membantu pemulihan usaha mereka, beberapa lembaga di bidang pemulihan penghidupan masyarakat korban gempa DIY-Jateng mengadakan pameran & bazar produk UKM bertajuk ‘Bangkit Menuju Kemandirian’, di Ambarrukmo Plaza, 22-24 Februari. Demikian disampaikan panitia, terdiri Maria Josephine W dari Catholic Relief Service (CRS), Ferri Iskandar (CRS), Toetwury T (CHF) dan Retno Winahyu S (UNDP) saat bersilaturahmi ke KR, Rabu (20/2) diterima Pemimpin Redaksi Drs Octo Lampito MPd.
Seperti dijelaskan Josephine, bazar ini akan diikuti 53 stand dari para UKM korban gempa di Bantul dan Klaten. Menampilkan aneka produk kerajinan, makanan olahan dan produk pertanian. Selain itu, akan digelar lokakarya komunitas melibatkan 200 orang perwakilan kelompok masyarakat penerima manfaat program pemulihan, Sabtu (23/2). “Memang pelaku UKM korban gempa sudah kembali produksi tapi belum pulih 100 persen. Dengan kegiatan ini kami membantu akses pemasaran mereka. Suatu saat tugas lembaga donor pasti berakhir sehingga kita ingin melatih pemberdayaan masyarakat agar mandiri,” ujar Retno. Seminar-lokakarya lintas pelaku ‘Mendorong Terwujudnya Komunikasi dan Koordinasi’ demi penguatan sumber penghidupan masyarakat di masa depan, juga diadakan pada 5 Maret untuk peserta dari DIY dan 6 Maret untuk peserta dari Klaten.
Retno menambahkan sampai saat ini masih terdapat sedikitnya 25 lembaga baik lembaga donor, lembaga swadaya masyarakat internasional maupun lokal yang bekerja pada program pemulihan pasca gempa DIY-Jateng. Sebagian lembaga telah merampungkan programnya akhir Desember 2007 sementara lembaga lain juga segera mengakhiri program Maret 2008. (R-3)-f

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s