SEDAYU AGROWISATA JOGJA

Posted: August 1, 2011 in Agribisnis, Comercial Break, Design, Ekonomi, Industri Kreatif, Kebijakan, Kerjasama, Kredit Lunak, Pariwisata, Pertanian

Sedayu Agrowisata Jogja

Dukuh Kaliurang Desa Argomulyo Kec. Sedayu Bantul Yogyakarta

Contact Person: +62-274-8254869 | yobangkit@gmail.com

Yogyakarta sebagai Daerah Istimewa sudah tak asing lagi bagi kita, karena Yogyakarta telah lama pula mendapatkan julukan Kota Budaya, Kota Pendidikan, Kota Pelajar, dan Kota Wisata. Julukan ini tentu mengandung potensi wilayah Yogyakarta yang tak bisa diragukan lagi. Sebagai kota wisata kedua setelah Bali, Yogyakarta tetap menjadi tujuan wisata di kalangan wisatawan, baik domestik maupun manca negara.

Ladang Sayuran

Sedayu merupakan salah satu daerah Kecamatan dari wilayah Kabupaten Bantul Yogyakarta. Daerah ini terletak diperbatasan Kabupaten Sleman (Sebelah Utara) dan Kulon Progo (Sebelah Barat) Yogyakarta.  Jika dari kota, melalui Jalan Wates (ke arah ke Barat /Purworejo), dengan perjalanan sekitar 15 menit dari Malioboro/Kota Yogyakarta. Tepatnya di Dukuh Kaliurang, Kaiberot, dan Metes, Desa Argomulyo Kecamatan Sedayu Bantul Yogyakarta.

Lokasi Pembudidayaan Mangga Merah

Daerah Sedayu terkenal dengan potensi pertanian, baik sayur-sayuran, palawija, maupun buah-buahan.

Lokasi ini juga menjadi daerah pembudidayaan MANGGA MERAH. Di samping itu secara visual menampakkan bentuk kontur yang berbukit-bukit, sehingga berpotensi menjadi daerah wisata dengan lanscap yang indah. Didukung dengan suasana pedesaan Yogyakarta yang kaya dengan keramahtamahannya, semakin melengkapi sebuah tempat wisata yang asri, indah dan nyaman.

OBYEK WISATA

1. Ladang Sayuran & Buah-buahan

Ladang sayuran dan buah-buahan yang tersedia di area ini seluas: -+  25 Ha. Sayuran dan buah-buahan merupakan tanaman yang sangat cocok dengan jenis dan kondisi tanah di Sedayu. Di antaranya adalah: Kacang-kacangan, Bayem, Pare, Kangkung, Labu, dll. Untuk buah-buahan: Kedondong Bangkok, Rambutan, Mangga Merah, Belimbing, Jeruk, dll.

Konsep Pelayanan Wisata:

Konsep pelayanan wisata di obyek ini adalah:

Sayur Bayam

a. Setiap pengunjung/wisatawan akan mendapatkan pelayanan menikmati pemandangan ladang sayuran dan buah-buahan dengan pemandu wisata (petani pemilik sayuran).

b. Setiap wisatawan dapat menikmati sayuran dan buah-buahan segar di ladang secara langsung, dan bisa mendapatkan service pengolahan sayuran/buah-buahan tersebut secara self service cooking (memasak sendiri) ataupun dimasak oleh tim service cooking dari kelompok kerja Ladang Sayuran & Buah-buahan. Di samping itu wisatawan dapat membeli sayuran & buah-buahan segar tersebut secara langsung untuk dibawa pulang.

2.    Bumi Perkemahan

Di area Sedayu Agrowisata Jogja juga telah tersedia Area Bumi Perkemahan yang bisa digunakan sebagai tempat kamping baik bagi pramuka, pelajar, mahasiswa ataupun masyarakat umum.

Lokasi Bumi Perkemahan Sedayu Agrowisata Jogja

Area ini terletak di Dukuh Kaliurang Rt. 02,  07 dan 06 Desa Argomulyo Kecamatan Sedayu Bantul Yogyakarta.

Area Bumi Perkemahan ini merupakan daerah dengan kontur tanah berbukit dengan padang rumput yang asri dan beberapa pohon akasia dan jati, dll sebagai pelindung.

Untuk mendapatkan air bersih, bagi para peserta perkemahan bisa mengambil air di sumur penduduk setempat yang berjarak lebiih kurang 20 m dari area Bumi Perkemahan.

Bumi perkemahan ini relatif dekat dengan rumah penduduk setempat, sehingga akan memudahkan mendapatkan kebutuhan-kebutuhan sehari-hari.

Di samping itu, para wisatawan/peserta perkemahan bisa melakukan Outbon di area yang tidak jauh dari tempat perkemahan tersebut, sekitar 100 m. Sebuah tempat perbukitan yang dilengkapi dengan air terjun dan tebing untuk dipakai area outbon.

3.    OutBon Area 

Lokasi OutBon | Sedayu Agrowisata Jogja

Area ini terletak tidak jauh dari Bumi Perkemahan, sekitar 100m. Dilengkapi dengan tebing dan air terjun (lebih kurang ketinggian 10 m), yang sangat cocok untuk kegiatan Outbon bagi para pelajar, pramuka, mahasiswa ataupun masyarakat umum.

Konsep Pelayanan Wisata :

Para wisatawan/kelompok peserta Outbon akan mendapatkan pelayanan penuh dari pemandu Outbon (Tim Kerja Outbon) dari pemuda setempat yang telah terlatih secara profesional dan didukung dengan peralatan yang standar.

Tim Kerja OutBon menyediakan paket pelayanan kelompok dengan biaya dan durasi waktu tertentu. Atau menerima penyewaan tempat dari kelompok Outbon yang telah dilengkapi dengan pemandu sendiri dengan paket sewa tertentu pula.

OBYEK PENGEMBANGAN KE DEPAN:

1.   Kolam Pemancingan Ikan Air Tawar

Kolam pemancingan ini merupakan obyek yang akan menambah daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung. Dengan menikmati sayuran dan buah-buahan yang ada, ditambah dengan kolam pemancingan ikan, akan menambah kelengkapan daya tarik wisatawan dalam menikmati suasana desa dan sekaligus wisata kuliner.

Konsep Pelayanan Wisata:

a. Wisatawan dibebaskan untuk memancing di kolam ikan yang telah tersedia dan hasilnya bisa dibeli sesuai dengan berat ikan yang telah diperoleh.

b. Di samping itu Tim Kerja Kolam pemancingan bisa bekerjasama dengan Tim Kerja Sayuran & buah-buahan dalam memberikan Self Service Cooking, atau bisa memberikan service tersebut secara mandiri.

2.    Pembuatan Pupuk Organik (Kompos)

Pembuatan pupuk organik bisa dimanfaatkan untuk pemupukan ladang petani setempat sendiri, maupun memproduksi untuk dijual kepada para wisatawan.

Konsep Pelayanan Wisata:

Para wisatawan mendapatkan pemaparan teknis cara pembuatan pupuk organik dari pemandu wisata dari Tim Kerja Pupuk Organik. Di samping itu para wisatawan bisa mencoba secara langsung teknis pembuatan pupuk tersebut. Bahkan para wisatawan dapat membeli produk pupuk tersebut secara langsung.

3. Studio Alam

Area di Argomulyo ini sangat cocok untuk lokasi Studio Alam. Untuk pembuatan Film, baik dengan setting tradisional, maupun setting alam.

Infrastruktur & Fasilitas Pendukung

  1. Jalan Desa
  2. Tempat Ibadah
  3. Rumah Makan/warung
  4. Kolam Pemancingan Ikan
  5. Pembuatan Pupuk Organik
  6. Toko Sembako, Pulsa, dan kebutuhan  para wisatawan yang lain.
  7. Tempat Parkir yang memadai
  8. Tempat Penginapan (Guest House) untuk pengunjung yang ingin bermalam.
Comments
  1. I agree with your SEDAYU AGROWISATA JOGJA Yo Bangkit!, good post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s